Tentang FlashDisk


Tempat penyimpanan data yang paling mudah penggunaan nya pada saat ini adalah flash disk. Kecepatan tulis dan baca yang sudah semakin baik dan kapasitas yang cukup besar (pada saat ini sudah mencapai 1000 GB atau 1 TB), ukuran fisik nya yang kecil dan ringan sehingga sangat mudah dibawa ke mana-mana, menjadikan flash disk ini pilihan yang tepat dan paling banyak peminat nya. Umur penyimpanan yang lebih pendek jika dibandingkan dengan CD atau DVD, hal ini yang menjadi kelemahan flash disk, namun Anda tidak perlu khawatir karena solusi nya adalah beli lah flashdisk hasil produksi brand terkenal seperti thosiba atau v-gen atau brand ternama lain nya. Minta lah yang garansi nya seumur hidup.
============================================================================
============================================================================


Pengertian FlashDisk

Oleh karena tidak terdapat alat mekanik yang menggerakkan motor untuk komponen piringan dan juga memang karena tidak ada nya piringan di dalam flashdisk, maka komponen yang terdapat pada flashdisk menjadi sangat sederhana jika dibandingkan dengan tempat penyimpanan yang lain seperti HardDrive atau HardDisk. Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang dirancang khusus dengan menggunakan NAND flash memory. NAND adalah istilah pada digital elektronik yang merupakan singkatan dari Non AND artinya bila semua masukan nya adalah 1 maka keluaran nya adalah 0, begitu juga sebaliknya. Pada flashdisk NAND berfungsi untuk menyatukan bit-bit data dari block memori.

Data atau file yang telah disimpan pada flashdisk setelah di lepas tidak akan hilang walaupun tidak ada daya listrik yang ada pada nya, hal ini dikarenakan ada nya memori tempat penyimpanan yang bersifat nonvolatile yaitu bersifat data tidak akan hilang meskipun dalam keadaan tidak ada daya listrik, sifat ini sebenarnya seperti memori EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory) yang mengizinkan untuk ditulis atau pun dihapus.


Fungsi FlashDisk

Fungsi flashdisk sebenarnya cukup banyak, selain untuk menyimpan data flashdisk juga bisa digunakan sebagai Startup Windows termasuk file source Windows utuk diinstall pada PC atau Laptop, flashdisk juga bisa digunakan untuk sistem file open source, bisa juga untuk menjalankan aplikasi portable, aplikasi anti virus dan lain-lain. Penggunaan flashdiask juga sangat mudah yaitu hanya ditancapkan pada port USB maka flashdisk sudah bisa digunakan.

Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan flashdisk pada Windows yaitu mengenai cara melepaskan flashdisk dari port USB, usahakan menggunakan cara "Safe Removal", klik kanan pada icon koneksi flashdisk yang terletak di sudut kanan bawah kemudian klik "Safe Removal", kemudian lepaskan flashdisk. Hal ini perlu dilakukan untuk tujuan keamanan data dan keamanan komponen pada flashdisk. Untuk keamanan data yaitu bisa mencegah data yang belum selesai disimpan menjadi eror, biasa nya ada kemungkinan data yang belum selesai ditulis ke flasdisk masih tersimpan pada chace memori komputer, jika flashdisk dicabut mendadak data akan rusak dan jika menggunakan cara "Safe Removal" terlebih dahulu system akan segera menyelesaikan penyimpanan data pada flashdisk. Dan untuk keamanan komponen yaitu umur komponen bisa lebih lama karena terhindar dari hubungan singkat karena pencabutan flashdisk secara mendadak.


Cara Kerja FlashDisk

Mempunyai kecepatan yang sangat tinggi karena memiliki teknologi digital seperti RAM, ini adalah hal yang terdapat pada NAND flash memori dan juga teknologi penyimpanan yang bersifat non-volatile (dapat menyimpan dan menghapus data secara permanen). Chip memori yang digunakan untuk menyimpan data mempunyai tingkat struktur hirakris yaitu bit disusun ke dalam halaman-halaman yang masing-masing sekitar 2KB, halaman-halaman ini lah yang merupakan unit read dan write.


Jenis FlashDisk

Flashdisk KW 1
Flashdisk jenis ini di produksi oleh perusahaan ternama seperti LG, Thosiba, Samsung dan brand ternama lainnya, sebelum dipasarkan secara luas flashdisk harus melalui tahap uji coba dan seleksi yang ketat. Flashdisk yang cacat atau kurang baik akan dikumpulkan dan masuk ke kategori afkir dan menjadi limbah industri. Flashdisk yang lulus test dan lolos uji coba akan dikemas dan dipublikasikan. Ciri-ciri utama produk KW 1 ini adalah nama brand nya tertera pada chip memori yang digunakan.

Flashdisk KW 2
Flashdisk jenis ini sebenar nya di produksi oleh perusahaan ternama seperti LG, Thosiba, Samsung dan brand ternama lainnya. Kemudian flashdisk yang tidak lulus uji coba dan telah menjadi limbah industri akan dikumpulkan oleh perusahaan lain dan diolah kembali. Setelah di anggap layak pakai maka segera dipasarkan.

Flashdisk KW 3
Flashdisk jenis ini di produksi oleh bukan perusahaan ternama seperti LG atau Thosiba atau yang lain nya, namun dalam produksi nya telah mengikuti hukum standar seperti brand ternama dan juga melalui tahap uji coba dan seleksi yang ketat. Flashdisk yang cacat atau kurang baik akan dikumpulkan dan masuk ke kategori afkir dan menjadi limbah industri. Flashdisk yang lulus test dan lolos uji coba akan dikemas dan dipublikasikan. Ciri-ciri utama produk KW 2 ini adalah nama brand nya tidak tertera pada chip memori yang digunakan.

Flashdisk KW 4
Flashdisk jenis ini adalah hasil daur ulang dari flashdisk yang sudah tidak bisa pakai lagi atau rusak, hasil daur ulang biasanya telah di modifikasi kapasitas nya menjadi beberapa kali lipat, namun hal ini sebenarnya hanya tampilan nya saja, data yang bisa masuk hanya sesuai dengan kapasitas asli nya.


Perkembangan FlashDisk

Perkembangan flashdisk bisa dibilang super cepat, sejak awal diperkenalkan nya pada tahun 2000 flash disk mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 8MB ini adalah 5.5 kali lebih besar dari kapasitas Floppy Ddisk Drive yaitu 1.44 MB, dan pada saat ini flashdisk kapasitas nya telah mencapai 1TB atau 1.000 GB atau 1.000.000 MB atau 125.000 kali lipat dari flashdisk keluaran pertama. Perkembangan ini sangat luar biasa cepat nya. Dan bukan hanya kapasitas nya yang berkembang, port USB nya juga berkembang menjadi lebih baik, USB yang pertama tahun 1996 yaitu USB 1.0 mempunyai kecepatan transfer data hingga sebesar 12 Mbps, kemudian USB 2.0 tahun 2000 mempunyai kecepatan transfer data hingga sebesar 480 Mbps, kemudian USB 3.0 tahun 2010 mempunyai kecepatan transfer data hingga sebesar 5 GBps, atau sekitar 417 kali lipat dari USB 1.0, ini adalah suatu perubahan kecepatan transfer data yang sangat cepat.


Comments

Post a Comment