Tentang ODD


Optical Disk Drive (ODD) bukan termasuk komponen utama di dalam sebuah PC melainkan hanya komponen pelengkap. Kemampuannya di butuhkan untuk membaca atau menulis sebuah CD, DVD, atau Blu Ray. Teknologi terbaru penting digunakan karena mempunyai kecepatan dan hasil yang terbaik dan maksimal.
============================================================================
============================================================================


Pengertian ODD

ODD singkatan dari "Optical Disc Drive" adalah salah satu hardware pada komputer yang di dalam nya menggunakan sinar laser yang berfungsi untuk membaca atau menulis data pada optical disc, optical disc adalah media penyimpanan data elektronik dengan bahan dasar optic yang dapat dibaca atau ditulis dengan menggunakan sinar laser berdaya lemah. Beberapa drive hanya bisa membaca piringan optic namun seiring dengan perkembangan teknologi belakangan drive ini sudah bisa membaca dan menulis piringan optic tertentu dengan sangat baik.

Piringan optic yang bisa dibaca dan ditulis yaitu CDR/RW dengan alat penggerak nya menggunakan CDRW drive, DVDR/RW dengan alat penggerak nya menggunakan DVDRW drive, Blu-Ray dengan alat penggerak nya menggunakan Blu-Ray drive.

Umumnya pada casing komputer desktop atau PC telah disediakan tempat untuk meletakkan ODD internal yang berukuran 5,25inch dan menghubungkan nya pada motherboard dengan menggunakan interface PATA atau SATA, untuk power disediakan oleh powersupply menggunakan kabel 4pin atau kable 15pin. Untuk ODD external bisa menghubungkan nya dengan PC atau laptop menggunakan interface USB atau FireWire, sedangkan sumber daya diperoleh dari interface itu sendiri.


Fungsi ODD

Fungsi dari optical disc drive (CD drive, DVD drive, Blu-ray drive) adalah untuk menggerakkan disc optic (CD, DVD, Blu-Ray) yang di dalam nya terdapat jalur optis yang diletakkan pada kepala penggerak, pada kepala penggerak terdapat sebuah laser semikonduktor untuk mendeteksi refleksi sinar dari permukaan disc, sinar laser inilah yang dapat membaca atau menulis pada permukaan disc.

Di bawah ini adalah tabel fungsi dari ODD terhadap optic disc.
PEMBACA DISC OPTIC DISC
CD SOLID CD-R CD-RW DVD SOLID DVD-R DVD+R DVD-RW DVD+RW DVD+R DL CAT BD SOLID BD-R BD-RE BD-R DL BD-RE DL
CD audio Baca Baca Baca t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t
CD-ROM Baca Baca Baca t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t
CD-R Baca Tulis t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t
CD-RW Baca Tulis Tulis t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t
DVD-ROM Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca t/t t/t t/t t/t t/t
DVD-R Baca Tulis Tulis Baca Tulis Baca Baca Baca Baca t/t t/t t/t t/t t/t
DVD-RW Baca Tulis Tulis Baca Tulis Baca Tulis Baca Baca t/t t/t t/t t/t t/t
DVD+RW Baca Tulis Tulis Baca Baca Baca Baca Tulis Baca t/t t/t t/t t/t t/t
DVD+R Baca Tulis Tulis Baca Baca Tulis Baca Tulis Baca t/t t/t t/t t/t t/t
DVD±RW Baca Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Baca t/t t/t t/t t/t t/t
DVD±RW/DVD+R DL Baca Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis t/t t/t t/t t/t t/t
BD-ROM Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca
BD-R Baca Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis Baca Tulis Baca Baca Baca
BD-RE Baca Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Baca Baca
BD-R DL Baca Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis Baca Tulis Baca Tulis Baca
BD-RE DL Baca Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis
t/t = tidak tersedia


Cara Kerja ODD

Opctical disc sebagian besar nya terbuat dari polycarbonate atau plastik bening. Pada saat pembuatan nya plastik di bentuk semacam tonjolan yang sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata telanjang, tonjolan ini disebut microscopic bumps, tonjolan ini dibuat satu arah melingkar dari tengah sampai tepi membentuk spiral, garis spiral itu disebut juga track, jarak antar track adalah 1,6 micron (1 meter = 1.000.000 microns), jadi track nya sangatlah panjang.

Setelah polycarbonate sudah selesai dibuat, kemudian ia dilapisi dengan reflective aluminium yang sangat tipis, setelah terpasang kemudian aluminium tersebut akan dilindungi dengan cara menyemprotkan acrylic.

Optical disc dapat berfungsi dengan baik hanya jika berada di dalam drive tepat berada pada posisi kepala sinar laser, jadi optical disc harus dimasukkan ke dalam drive. Secara mekanisme ada dua metode yang bisa dilakukan untuk memasukkan optical disc, yaitu:
  • Secara manual, biasanya metode ini terjadi pada komputer laptop, proses nya adalah ada tombol pembuka drive yang harus ditekan, biasanya posisi tombol ada di tengah, setelah di tekan akan ada media tempat untuk meletakkan optical disc yang sedikit keluar, kemudian media tersebut ditarik keluar sampai kira-kira cukup untuk bisa meletakkan optical disc, setelah optical disc diletakkan kemudian dorong kembali media ini sampai rapat pada drive.
  • Secara semi auto, saya anggap semi auto karena pada proses nya masih ada campur tangan, yaitu tekan tombol pembuka di depan drive, posisi nya bisa di tengah atau bisa juga di kanan atau kiri, setelah ditekan media tempat untuk meletakkan optical disc akan otomatis keluar, setelah optical disc diletakkan tekan kembali tombol dan media nya akan otomatis masuk kembali.
Di dalam disc drive, optical disc yang sudah dimasukkan tadi akan diberi sinar laser semikonduktor yang berasal dari kepala penggerak, sinar laser ini akan membaca track yang berbentuk sepiral tadi dari tengah sampai tepi, sinar laser yang mengenai tonjolan di dalam track dan memantul, pantulan ini lah yang dapat membaca data pada optical disc.


Jenis ODD

Secara garis besar jenis optical disk khusus nya untuk komputer sampai saat ini hanya ada 3 jenis, yaitu CD drive, DVD drive dan blu-ray drive, kecepatan membaca serta kualitas dari masing-masing disc drive tidak semuanya sama. Pada masing-masing jenis ODD mempunyai dasar kecepatan nya sendiri-sendiri, dan pada pengembangan nya dibuat penambahan kecepatan, misal nya 4x , 8x , 16x sampai dengan 52x.
  • CD Drive, pada umum nya kecepatan dasar CD drive dalam membaca optical disc adalah 0,15MBps atau 150KBps
  • DVD Drive, pada DVD drive kecepatan dasar nya dalam membaca adalah 1,32MBps atau 1.320KBps, sekitar 9 kali lebih cepat dari CD drive.
  • Blu-Ray Drive, sedangkan blu-ray drive mempunyai kecepatan dasar membaca 6,74 MBps atau 6.740KBps, sekitar 45 kali lebih cepat dari CD drive dan 5 kali lebih cepat dari DVD drive.


Perkembangan ODD

Tahun 1972, optical disk sebesar 12inch berupa piringan video, pada tahun ini pertama kali diperlihatkan. Sinyal video pada saat ini di simpan dengan menggunakan format analog, ini adalah seperti sebuah video kaset yang menggunakan pita magnet.

Tahun 1975, pada tahun ini optical disc sudah bisa menyimpan data atau video secara digital, ukuran optical disc sudah lebih kecil yaitu 5inch, optical disk pada saat ini hanya bisa dibaca saja, adalah perusahaan sony dan philips yang membuat optical disc ini.

Tahun 1980, optical disc sudah bisa digunakan untuk penyimpanan data pada komputer dengan menggunakan ukuran yang sama yaitu 5inch dan sebagai penggerak nya adalah sebuah CD ROM drive, hal ini diperkenalkan oleh perusahaan philips dan sony.

Tahun 1987, sebuah opctical disc berukuran 5.25inch yang dapat menulis dan membaca serta menghapus data dengan menggunakan penggeraknya yaitu CDRW drive, hal ini didemonstrasikan oleh perusahaan Sony.

Comments

Post a Comment