Tentang LAN Card



Komputer yang telah terhubung ke dunia internet (di warnet, di kantor, PC di rumah, laptop, note book) harus melewati NIC (network interface card) atau bisa juga disebut LAN (lokal area network) card, baik yang melalui kabel tembaga atau kabel fiber optic atau gelombang radio, tanpa komponen tersebut komputer Anda tidak kan bisa terhubung ke Internet. NIC atau LAN card yang telah tersedia pada PC atau laptop sudah cukup untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan internet, jadi tidak perlu di ganti, kecuali rusak.
============================================================================
============================================================================


Pengertian LAN Card

LAN card adalah salah satu perangkat keras untuk komputer yang bertugas sebagai penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya untuk berbagi data, berbagi bandwidth internet, dan juga berbagi fasilitas lain nya. Antara LAN card yang satu dengan yang lain nya mempunyai alamat yang berbeda-beda baik itu IP address atau pun MAC address, oleh karena itu pada jaringan LAN tidak akan terjadi collision.

Supaya LAN card bisa bekerja sama dengan sistem pada komputer maka motherboard telah menyediakan tempat yang sesuai dengan LAN card yang ada, biasa nya LAN card ditancapkan pada salah satu slot PCI atau slot PCIe, atau bisa juga melalui port USB untuk LAN card external, atau pun pada motherboard umum nya telah menyediakan LAN card secara on-board. LAN card on-board keluaran sekarang sudah sangat bagus dan bisa bekerja dengan baik maka LAN card tambahan tidak perlu lagi, kecuali jika masih kurang atau rusak.


Fungsi LAN Card

Setiap komputer yang tergabung dalam satu jaringan baik jaringan LAN akan mempunyai kesempatan untuk menggunakan fasilitas yang ada dalam jaringan. misalnya internet, walaupun komputer yang digunakan tidak memiliki fasilitas tersebut. Berikut di bawah ini adalah beberapa fungsi yang bisa di lakukan dengan ada nya LAN:
  • Untuk membentuk jaringan. Ini adalah fungsi utama dari LAN card, jaringan bisa dibentuk dengan menambahkan komponen LAN card pada komputer. Dengan beberapa settingan pada system komputer, LAN card sudah dapat berfungsi dengan baik, yang penting pengalamatan IP pada masing-masing komputer tidak boleh sama dan masih dalam satu group atau kelompok.
  • Berbagi bandwidth internet. Hal ini sangat berguna untuk komputer di kantor-kantor atau untuk usaha jasa internet, hanya cukup satu komputer saja yang terhubung ke internet, kemudian di sharing, maka komputer yang lain juga bisa terhubung ke internet. Ini akan menghemat biaya koneksi internet.
  • Berbagi file-file penting. File yang akan dikirim ke komputer lain tidak perlu disimpan ke CD atau falsh disk. Cuku di sharing saja, maka maka komputer yang lain akan bisa mengambil nya. jika hanya orang tertentu saja yang boleh mengambil file nya, sharing nya bisa di beri password, atau bisa juga dengan cara di "send to" ke komputer yang diinginkan. ini akan menghemat waktu dan baiaya.
  • Berbagi fungsi peripheral. Semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan dapat menggunakan satu printer yang sama untuk mencetak. Cukup satu komputer saja yang terhubung ke printer kemudian printer nya di sharing. Ini akan menghemat biaya dalam pembelian peripheral seperti printer. Bisa juga di sharing peripheral yang lain, misalnya webcame, DVD drive atau scanner.
  • Untuk monitoring. Sebuah komputer kendali bisa dibuat, komputer ini bisa digunakan untuk manajemen bandwitdh, untuk memantau setiap kegiatan yang dilakukan oleh masing-komputer yang lain, untuk memberi peringatan atau menyampaikan berita, untuk memblokir aplikasi yang dilarang. Ini sangat penting untuk mengetahui kinerja pegawai atau untuk tujuan yang lain nya.
  • Untuk meremot komputer. Dengan ada nya jaringan, teknisi komputer dapat memperbaiki beberapa komputer yang mempunyai masalah dalam satu waktu. Misal nya komputer yang ada di lantai 1, lantai 5 dan lantai 10 dilaporkan mempunyai masalah serius, misal nya kena virus, teknisi tidak perlu pergi ke lantai tersebut untuk memperbaiki, cukup dengan meremot nya dari komputer yang berada dekat teknisi, dan teknisi bisa mengoperasikan komputer bermasalah seolah-olah ia berada di depan nya.
  • Untuk komputer kasir atau komputer billing. Komputer ini biasa digunakan pada toko-toko besar atau swalayan yang mempunyai jumlah komputer kasir lebih dari satu. Komputer kasir menjalankan aplikasi billing yang mencatat barang yang keluar beserta harga nya, kemudian aplikasi billing akan membuat laporan dan otomatis menyimpan data transaksi langsung ke komputer server, karena billing induk nya ada di server. Proses ini bisa terjadi karena adanya jaringan komputer yang menggunakan LAN card. Proses yang sama juga terjadi pada perusahaan parking, penjualan tiket, warnet atau POM bensin.


Cara Kerja LAN Card

Informasi apa pun yang keluar atau masuk melalui LAN card adalah merupakan data yang terpotong-potong dan ini biasa disebut paket data, sebesar apa pun file yang akan dikirim akan dipotong-potong dahulu menjadi paket data yang kecil-kecil, setelah siap baru dikirim satu per satu ke komputer yang dituju.

Bagaimana jika pada tujuan yang sama, sedang terjadi juga pengiriman data pada waktu yang bersamaan? Sebenarnya, LAN card sebelum mengirimkan paket data, terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap komputer tujuan, apakah sedang ada kesibukan atau kah tidak? Jika terjadi kesibukan yang sama, LAN card tetap akan melakukan pengiriman paket data namun paket data yang masuk akan bergantian atau mengantri. Satu file yang dipotong menjadi paket yang kecil-kecil, masing-masing dari paket-paket ini akan masuk ke komputer tujuan secara bergantian dengan paket kecil dari komputer lain sampai selesai, dan proses ini akan menjadi lebih lama jika dibandingkan dengan tidak ada kesibukan yang lain.

Himbauan untuk teman-teman, jika sedang terjadi pemindahan data yang besar, yang terbaik adalah komputer nya jangan digunakan untuk yang lain. Biarkan proses pemindahan bekerja hingga selesai, karena jika digunakan hal yang lain proses pemindahan data akan menjadi lebih lama bahkan akan terjadi kegagalan karena sering terjadi collision pada paket data yang sedang berpindah.

Ilustrasi dari proses pemindahan data dapat digambarkan sebagai berikut:
Misalnya komputer A akan menerima file dari komputer B sebesar 1GB, dari komputer C sebesar 1GB, dan dari komputer D sebesar 1GB. Kecepatan masuk nya data pada komputer A rata-rata 10 menit untuk 1GB. Jadi total waktu yang akan ditempuh oleh komputer A dalam menerima file dari komputer B, komputer C, dan komputer D secara bersamaan adalah 30 menit. Dan setelah 30 menit kompter B,C dan D akan selesai mengirim file secara bersamaan pula.

Jika ingin mencoba nya, lakukan dengan kombinasi, kirim 1 file dahulu sendiri, kemudian 2 file bersamaan, kemudian 3 file bersamaan. Dan bandingkan. Jika bisa gunakan file yang kapasitas nya besar.

Saya sering melakukan hal ini pada komputer warnet, biasanya yang saya copy adalah file game online. Satu game online bisa mencapai kapasitas kira-kira sebesar 20GB untuk game online Dota 2, 10GB untuk game Ayodance, 4GB untuk game Point blank.


Jenis LAN Card

LAN card biasa nya digunakan untuk PC, dan ada yang dipasang di dalam CPU (LAN card Internal) dan ada yang dipasang di luar CPU (LAN card external).
  • LAN card internal, terdiri dari LAN card yang sudah tertanam menjadi satu dengan motherboard, biasa disebut LAN card on-board, LAN card dipasang pada slot.
    • LAN card telah terpasang secara on-board, untuk keluaran sekarang kinerja nya sudah cuku baik. Saya telah mencoba mengaktifkan nya untuk komputer client pada warnet. Jika settingan nya sudah benar, semuanya bisa berjalan dengan lancar. Kekurangan nya hanya pada kerusakan secara fisik yaitu tidak dapat diganti, solusi nya hanya di nonaktifkan saja kemudian pasang LAN card baru yang external atau LAN card PCI atau PCIe.
    • LAN card dipasang pada slot, untuk LAN card jenis ini terdiri dari LAN card type lama yaitu yang dipasang pada slot ISA atau slot EISA dan pada saat ini sudah hampir tidak digunakan lagi terutama pada motherboard yang tidak mempunyai slot ISA atau EISA tersebut. Kemudian ada juga LAN card yang dipasang pada slot PCI, LAN card jenis ini masih banyak yang menggunakan nya karena produksi motherboard pada saat ini masih banyak yang menyediakan slot PCI. Yang terakhir yaitu LAN card yang dipasang pada slot PCI express, bisa dibilang teknologi pada LAN card jenis ini masih baru dan menjadi yang terbaik. Seperti LAN card PCI express di bawah ini, dengan spesifikasi sebagai berikut:
      • Mempunyai koneksi wireless dengan kecepatan tinggi sampai dengan 450Mbps pada 2.4GHz atau 5.0GHz.
      • Supports dual band 2.4GHz dan 5GHz channels untuk HD video streaming, game online, dan file sharing.
      • Compatibile dengan 802.11a/b/g/n, supports Windows XP 32/64bit, Vista 32/64bit, Windows 7 32/64bit, Windows 8 32/64bit
  • LAN card external, kehadiran LAN card jenis external menjadi hadiah istimewa bagi pengguna LAN card, karena hal ini telah menjawab permasalahan yang sering dihadapi dengan LAN card internal, misalnya tidak cukup tersedia slot PCI atau PCIe terutama pada motherboard mini, ruangan CPU menjadi sangat sempit terutama pada komputer bill-up, harus membongkar CPU bila ada penggantian LAN card dan masih banyak lagi masalah lain yang akan muncul.

    LAN card external sangat mudah dan simple pada penggunaan nya, hanya di tancapkan pada port USB, tunggu sebentar untuk membiarkan system mengnalinya, dan LAN card external siap digunakan.
Berdasarkan kecepatan nya, jenis LAN card terdiri dari:
  • 10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet saja.
  • 100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet.
  • 1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Etherne.
  • 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik.


Perkembangan LAN Card

Pada tahun 1972, LAN card ditemukan oleh Robert Metcalfe pada saat ia bekerja pada perusahaan Xerox PARC. Xerox PARC adalah sebuah perusahaan riset dan pengembangan untuk kontribusi kepada information technology and hardware systems. Kemudian Robert Metcalfe mendirikan sebuah perusahan yaitu "Computer Communication Compativility" kepanjangan dari CCC atau 3C kemudian resmi menjadi 3COM. Perusahaan ini fokus pada pengembangan teknologi Ethernet yang ditemukan oleh Robert Metcalfe.

Pada tahun 1975, Xerox Ethernet mengeluarkan LAN card versi awal yang didesain untuk menyambungkan 100 komputer pada kecepatan 2,94Mbps melalui kabel sepanjang 1KM. Desain tersebut menjadi sangat sukses pada waktu itu sehingga Xerox, Intel dan Digital Equipment Corporation (DEC) mengeluarkan standar Ethernet 10Mbps yang banyak digunakan pada jaringan komputer saat ini.

Pada tahun 1985, Proses standardisasi teknologi LAN card disetujui oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), standar yang dikenal yaitu Project 802. Selanjutnya standar IEEE diadopsi oleh International Organization for Standardization (ISO), hal ini lah yang menjadi sebuah standar internasional dan mendunia dengan tujuan untuk membentuk jaringan komputer. Oelh karean LAN card mempunyai tingkat keadalan yang sangat baik, maka LAN caard pun dapat bertahan hingga saat ini, dan bahkan menjadi arsitektur utama pada jaringan.

Comments