Tentang Prosesor


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjB7lfk4Ldji28LO0M4ncoU3umMI7ubXkaoc4DYZxnZJVlDEP19iUpR3Skdww-61-mWdNMhpWj6cEuA3YytPEZAapscyH_VJ2n5BJQsxTKdHF-s-fIlWkxZtq6YaVH6w1e8NlLz8HfIJD7a/s1600/tentang+prosesor.jpg

Yang paling utama menjadi tolak ukur bahwa suatu unit komputer termasuk terbaik atau tidak adalah keberadaan sebuah prosesor. Jika satu unit komputer yang di dalam nya tertanam prosesor yang kinerja nya jelek maka satu unit komputer tersebut dianggap kurang bagus, akan tetapi jika di dalam nya tertanam sebuah prosesor yang terbaik maka komputer tersebut dianggap komputer yang bagus. Jadi keberadaan prosesor menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan.

============================================================================
============================================================================


Pengertian Prosesor

Prosesor adalah unit terpenting atau unit utama yang merupakan perangkat keras pada komputer yang berperan sebagai pusat untuk mengatur jalanya program, mengendalikan komputer agar sikronisasi antar komponen tetap terjaga dan bekerja sama dalam melaksanakan berbagai bentuk perintah serta data yang terjadi pada software.

Sebagai pusat kendali dan pusat untuk melaksanakan semua perintah, prosesor haruslah bisa bergerak dengan cepat. Satuan kecepatan untuk prosesor adalah MHz atau GHz dan semakin besar nilai nya maka akan semakin cepat prosesor tersebut bekerja.

Komponen-komponen yang ada di dalam prosesor adalah:
  • Register, untuk menyimpanan data dan instruksi yang sedang diproses.
  • CPU Interconnections, untuk menghubungkan komponen internal prosesor dan sistem lain nya seperti RAM, prianti I/O dan piranti lain.
  • ALU (Arithmetic Logic Unit), untuk menjalankan operasi logika dan aritmetika.
  • Unit kontrol, Untuk mengontrol jalan nya program.


Fungsi Prosesor

Fungsi yang paling utama dari prosesor yaitu menjalankan operasi logika dan aritmetika pada data yang diambil dari RAM bisa juga dari informasi yang datang dari input device seperti keyboard, mouse, HDD, ODD, flashdisk dan lain-lain.

Dari semua komponen di dalam komputer hanya prosesor yang mempunyai tugas paling sibuk dalam menjalankan fungsinya. Karena fungsi prosesor adalah mengontrol dan mengatur seluruh aktivitas yang terjadi pada komputer. Jadi, aktivitas apa pun akan diproses oleh prosesor, mulai dari aktivitas yang ringan dan sederhana sampai pada aktivitas yang sangat berat dan sangat rumit. Aktivitas yang terjadi di mulai dari ketika tombol power-on di aktifkan, kemudian tampilan bios, operating system, aplikasi-aplikasi pengolahan data, internet, browsing, multimedia, print out, permainan dan aktivitas lainnya, seluruh aktivitas tersebut tidak akan luput dari tanggung jawab prosesor.


Cara Kerja Prosesor

Ketika informasi berupa data atau instruksi yang disampaikan pada prosesor, terlebih dahulu data atau instruksi tersebut diletakkan pada RAM. Untuk informasi berupa "instruksi", komponen control unit pada prosesor akan menampung dan disimpan pada program-storage, Untuk informasi berupa "data" maka komponen control unit akan menyimpannya pada working-storage.

Jika komponen register telah siap untuk mengeksekusi informasi tadi maka komponen control Unit segera mengambil "instruksi" dari Program-storage untuk disimpan ke Instruction Register dan alamat memori yang berisi instruksi tersebut disimpan pada Program Counter. Ketika instruksi yang sedang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU segera bertindak untuk pekerjaan berdasarkan instruksi yang ditetapkan.

Untuk "data" komponen control Unit akan mengambilnya dari Working-storage dan disimpan pada General-purpose register, kemudian hasil nya akan disimpan pada Akumulator, jika pengolahan telah berhasil dan selesai, maka Control Unit akan mengambil nya dan disimpan kembali ke Working-storage.

Ketika seluruh pengerjaan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan dari Working-storage untuk disampaikan dan disimpan ke Output-storage dan selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.


Jenis Prosesor

Jenis Prosesor Intel
8086.
8088.
80186.
80188.
80286.
80386.
80486.
Pentium.
Pentium Pro.
Pentium II.
Celeron.
Pentium III.
Pentium 4.
Pentium M.
Pentium D.
Pentium Extreme Edition.
Xeon.
Intel Core.
Intel Core 2 Duo.
Intel Core 2 Extreme.
Intel Core 2 Quad.
Intel Core i3.
Intel Core i5.
Intel Core i7.
Intel Core i7 (Gulftown)
Intel Atom.
Intel Atom 2.

Jenis Prosesor AMD
Am2900
Am29000
Am9080
Am286
Am386
Am486
Am5x86
K5
K6
K6-2
K6-III
Duron
Athlon
Sempron
Athlon 64
Athlon 64 X2
Turion 64
Turion 64 X2
Opteron


Perkembangan Prosesor

Microprocessor 4004. Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel yaitu microprocessor 4004, microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Ini merupakan titik awal terciptanya benda mati yang cerdas.

Microprocessor 8008. Pada tahun 1972 diperkenalkan microprocessor 8008 yang mempunyai kecepatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu Microprocessor 4004.

Microprocessor 8080. Diperkenalkan pada tahun 1974, Microprocessor 8080 menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair.

Microprocessor 8086 dan Microprocessor 8088. Tahun 1978, Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

Microprocessor 80186. Dibuat pada tahun 1982, namun diperkenalkan pada tahum 1985 khusus untuk duni pendidikan.

Microprocessor 80286. Diperkenalkan mulai tahun 1982. Intel 286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

Microprocessor Intel 386. Diperknealkan pada tahun 1985. Microprocessor Intel 386 yang di dalam nya terdapat 275.000 transistor, 100 kali lebih banyak bila dibandingkan dengan Microprocessor 4004.

Processor Intel 486. Mulai diperkenalkan pada tahun 1989, Processor Intel 486 adalah yang pertama kali memudahkan penggunaan berbagai aplikasi hanya dengan menggunakan klik pada mouse, yang tadinya harus mengetikkan perintah aplikasi pada command prompt DOS, serta memiliki fungsi matematika yang lebih kompleks sehingga meringankan beban kerja pada processor.

Processor Intel Pentium. Diperkenalkan pada tahun 1993, processor intel pentium ini merupakan prosesor generasi terbaru selain mampu menangani data biasa juga mempunyai kemampuan untuk menangani berbagai jenis data seperti data suara, data video, data foto, animasi atau grafik.

Processor Intel Pentium Pro. Diperkenalkan sekitar Tahun 1995, Processor Intel Pentium Pro ini sengaja di rancang untuk digunakan pada komputer server untuk menjalankan berbagai aplikasi server dan workstation guna untuk memproses data secara cepat, processor Intel Pentium Pro ini di dalam nya tertanam 5,5 jt transistor.

Processor Intel Pentium II. Diperkenalkan pada tahun 1997, prosesor pentium II ini dirancang khusus untuk mengolah data video, data audio dan data grafik karena di dalam prosesor pentium II ini juga digabungkan prosesor Intel MMX. Ada terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalam porseor ini sehingga pengguna PC dapat mengolah berbagai macam data dan sangat mampu untuk menjalankan aplikasi internet dengan lebih baik.

Processor Intel Pentium II Xeon. Prosesor ini diperkenalkan pada tahun 1998, Processor yang dibuat untuk komputer server guna untuk menjalankan aplikasi server yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

Processor Intel Celeron. Diperkenalkan pada tahun 1999, Processor Intel Celeron sengaja dibuat untuk tujuan bagi pengguna yang tidak terlalu membutuhkan komputer dengan kinerja yang cepat, keuntungan nya untuk pengguna adalah prosesor ini mempunyai harga yang jauh lebih murah. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

Processor Intel Pentium III. Diperkenalkan pada tahun 1999, Prosesor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

Processor Intel Pentium III Xeon. Diperkenalkan pada tahun 1999, Intel mengeluarkan Processor Intel Pentium III Xeon ini dikhususkan untuk merambah pasaran server dan workstation, ini adalah jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Processor Intel Pentium III Xeon ini dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus menuju processor hal ini juga yang dapat mendongkrak performa secara signifikan. Processor Intel Pentium III Xeon ini juga dirancang untuk bisa dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

Processor Intel Pentium 4. Diperkenalkan pada tahun 2000, Processor Pentium 4 ini bisa mencapai kecepatan hingga 3.6 GHz. Processor Intel Pentium 4 ini yang pertama kali keluar mempunyai kecepatan 1.5GHz dengan jumlah kaki 423pin, Selanjutnya Processor Intel Pentium 4 menambah jumlah kaki menjadi 478pin dengan kecepatan sebesar 1.3GHz sampai dengan kecepatan 3.6GHz.

Di bawah ini adalah table perkembangan prosesor sampai dengan Prosesor Intel Pentium 4.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjuLoFfMFzj4wZm4AJnAHhnJVaD4Y_1BsryijstleqrYpf0r0WKe-NmoG4SqDnwnNZgIdGbu2RMfGEdd-ugSAWbWEy_xyaxGzwcGYw6U9Y0wp-Lslc5htQhkNhTcEePMo-lHux6kURfVU1/s1600/table+perkembangan+prosesor+-+tutorial+perbaikan+pc.jpg

Processor Intel Pentium 4 Xeon. Diperkenalkan pada tahun 2001, Processor Intel Pentium 4 Xeon ini sengaja dibuat untuk komputer server, yang mempunyai jumlah kaki lebih banyak, mempunyai L2 chace juga lebih besar.

Processor Intel Itanium. Diperkenalkan pada tahun 2001, Processor Intel Itanium ini sengaja dibuat dengan struktur yang sangat berbeda dari pada sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s EPIC (Explicitly Parallel Instruction Computing). Processor Intel Itanium ini ditujukan untuk komputer server dan workstation dan kalangan tertentu. Processor Intel Itanium ini adalah prosesor pertama berbasis 64 bit.

Processor Intel Itanium 2. Diperkenalkan pada tahun 2002, Prosesor Intel Itanium 2 merupakan penerus dari generasi sebelumnya yaitu Processor Intel Itanium.

Processor Intel Pentium M. Diperkenalkan pada tahun 2003, prosesor Intel Pentium M ini dilengkapi dengan chipset 855, dan Intel PRO WIRELESS 2100, komponen tersebut di ambil dari Intel Centrino. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkaitan dengan komputer yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Kemudian pada tahun 2004 dikeluarkan Processor Intel Pentium M 735/745/755 yang juga dilengkapi dengan chipset 855 tetapi dengan tambahan fitur baru 400MHz system bus, 2Mb L2 Cache dan soket nya di sesuaikan dengan prosesor seri-seri Pentium M sebelumnya.

Processor Intel Pentium 4 Extreme Edition. Diperkenalkan pada tahun 2005, Processor Intel Pentium 4 Extreme Edition sengaja dibuat untuk ditujukan kepada pengguna yang menginginkan sesuatu yang lebih dari pada komputer pada umum nya. Sebuah prosesor yang memiliki konfigurasi 2MB L2 cache, 3.73GHz frequency, EM64T, 1.066GHz FSB, dan HyperThreading.

Processor Intel Pentium Dual Core. Diperkenalkan pada tahun 2005, Processor Intel Pentium Dual Core bisa bekerja pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Processor ini disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB. Processor ini berbasis 64 bit dan juga disertakan dukungan HyperThreading.

Processor Intel Quad-core Xeon. Diperkenalkan pada tahun 2006, prosesor ini dikhususkan untuk komputer server. Xeon X3210/X3220 memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, dengan 8MB L2 cache, bisa mencapai 4MB yang di akses untuk tiap core, 1.06GHz Front-side bus, dan TDP (thermal design power).

Processor Intel Core 2 Duo. Diperkenalkan pada tahun 2006, Kinerja prosesor meningkat hingga 40 persen dan efisiensi daya meningkat hingga 40 persen dibandingkan prosessor Intel generasi sebelumnya, Hal ini karena terdapat fitur dengan 6 MB L2 cache dan 1333 MHz front side bus.

Processor Intel Core 2 Quad. Diperkenalkan pada tahun 2006, Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki, prosesor ini memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power.

Processor Intel Core i3, i5, i7. Sebenar nya yang terlebih dahulu diperkenalkan adalah Processor Intel Core i7 pada tahun 2008, kemudian Processor Intel Core i5 pada tahun 2009 dan selanjutnya Processor Intel Core i3 pada tahun 2010. Intel Core i7 lahir dengan 3 macam yaitu Core i7-965 Extreme Edition, Core i7-940, dan Core i7-920. Prosesor-prosesor tersebut adalah 4 core, Hyper-Threading, 8MB dengan L3 cache memory. Semuanya dibuat dengan teknologi manufaktur 45nm. Semua prosesor tersebut berjalan pada frekuensi 1066MHz. Di seri 965 Extreme Edition berjalan pada kecepatan 3,2 GHz. Semu seri Extreme Edition ini akan mudah untuk di overclock. Soket yang digunakan adalah soket LGA 1366. Intel Core i5, Core i5 berjalan pada clock 2.13GHz, turun dari 2.40GHz. Kinerja yang harus terluka sedikit dibandingkan dengan simulasiIntel Core i3. Selain Turbo Boost hal lain yang Anda korbankan adalah AES acceleration. Intel Core i3, Core i3 530 berjalan pada 2.93GHz dan tidak memiliki fitur turbo mode. Core i3 530 akan berjalan pada 1.33GHz pada frekuensi terendah, dan tidak lebih cepat daripada 2.93GHz pada full load. Fitur turbo boost yang hilang merupakan pengorbanan, karena 530 masih memiliki 4MB L3 cache dibagi antara kedua core.

Comments