Tentang Sound Card



Komponen yang awal nya hanya sebuah komponen pelengkap saja, sekarang ini menjadi komponen yang wajib di miliki pada setiap komputer, kualitas nya pun semakin ditingkatkan mulai dari awal dikeluarkan nya sound card dengan kualitas 8bit kemudian 16bit, 24bit, 32bit dan 64bit. Untuk kebutuhan standar sound card yang telah tersedia secara onboard pada motherboard keluaran sekarang sudah cukup baik fungsinya jadi tidak perlu di ganti, akan tetapi untuk anda yang bekerja pada pengolahan audio yang banyak menambahkan efek suara secara maksimal dan supaya dapat menghasilkan suara yang bersih sempurna maka diperlukan sound card pengganti yang kualitas dan kemampuannya jauh lebih baik, misal nya: sound card dari ASUS yaitu ASUS Xonar Essence ST.
============================================================================
============================================================================


Pengertian Sound Card

Sound card atau kartu suara yaitu salah satu komponen komputer atau hardware komputer yang bertugas untuk mengelola bagian audio atau suara, baik suara yang masuk atau suara yang keluar, suara bisa dimasukkan dengan bantuan mikropon atau melalui chanel line-in, suara yang akan dikeluarkan bisa dilakukan dengan menggunakan speaker.

Sound card pada masa sekarang umum nya bisa mengelola sinyal suara dengan kualitas yang sangat baik, karena sound card pada komputer bekerja dengan sinyal digital. Komponen lain yang berpengaruh terhadap kualitas suara adalah mikrofon dan speaker.

Mikrofon untuk komputer bisa menggunakan mikrofon kondensor karena lebih sensitif dan responsif bila dibandingkan dengan mikrofon dinamis dan mikrofon kondensor dapat menangkap detail kecil pada suara dengan kemampuan yang terbaik. Sedangkan speaker untuk komputer sebaik nya sesuai kan dengan jenis sound card nya, misal nya, apa bila sound card sudah mendukung 5.1 chanel maka sebaik nya gunakan speker yang mempunyai jumlah channel yang sama.


Fungsi Sound Card

Fungsi utama dari sound card adalah untuk mendengarkan suara yang dihasilkan dari kegiatan pada system komputer atau program aplikasi. Misalnya program aplikasi yang dijalankan adalah membuka file movie action, dapat kita bayangkan suara yang akan didengar adalah suara yang seru menggelegar beserta efek-efek suara yang telah dibuat pada movie tersebut.

Fungsi lain yang bisa dilakukan dengan sound card adalah untuk membuat efek-efek suara. jadi sound card berperan sebagai synthesizer, yaitu mensintesis suara dan hal ini akan dapat menghasilkan efek-efek suara yang menakjubkan. Biasa nya hal ini dilakukan pada pembuatan video iklan, video clip atau movie.

Sound card bisa juga untuk merekam suara, dengan bantuan mikrofon untuk menangkap gelombang suara yang ada di sekitar nya dan menyampaikan nya pada sound card maka suara suara tersebut bisa disimpan pada komputer.

Fungsi khusus pada sound card yaitu tersedia nya Musical Instrument Digital Interface (MIDI) yang dapat memungkinkan komunikasi antar perangkat musik secara digital. Instrumen MIDI terdiri dari peralatan musik misalnya keyboard elektronik, synthesizer dan bisa juga software, seperti Ableton, Garageband, Logic, dan lain-lain.


Cara Kerja Sound Card

Pada dasarnya suara dan komputer adalah dua hal yang masing-masing mempunyai cara kerja yang sangat berbeda, suara adalah sinyal analog yang bekerja pada gelombang yang merambat melalui benda dan ketika gelombang tersebut menyentuh gendang telinga maka gendang telinga akan bergetar, getaran itu lah yang menghasilkan suara, sedangkan komputer dapat bekerja dan dapat melakukan komunikasi hanya pada sinyal digital, kombinasi bilangan biner antara 0 dan 1.

Agar komputer dapat mengerti suara (sinyal analog) yang masuk pada sistem nya, komputer akan membutuhkan penerjemah dari sinyal analog ke sinyal digital, penerjemah ini dinamakan ADC (analog to digital converter). Begitu juga sebaliknya, jika komputer ingin mengeluarkan suara agar bisa dimengerti oleh pendengar maka komputer harus menerjemahkan dahulu suara dari sinyal digital ke sinyal analog, penerjemah ini dinamakan DAC (digital to analog converter).

Sound card atau kartu suara yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan suara pada komputer adalah media yang menjadi penghubung antara komputer (digital) dengan suara (analog) karena di dalam nya terdapat penerjemah.

Mikrofon merupakan telinga untuk komputer yang akan menangkap suara yang ada di sekitar nya. Pada saat gelombang suara merambat dan menyentuh diafragma yang terbuat dari membran plastik yang sangat tipis, diafragma akan bergetar sesuai dengan gelombang suara yang menyentuhnya. Gulungan kawat yang berada di belakang diafragma juga ikut bergetar dan getaran nya sama persis dengan getaran diafragma. Sebuah magnet yang dikelilingi oleh gulungan kawat tadi akan membuat medan magnet sesuai dengan gerakan gulungan kawat tadi. Medan magnet tadi akan menghasilkan sinyal listrik. Kemudian sinyal listrik ini akan mengalir menuju sound card. ADC akan mengambil alih proses ini dan akan mengubah nya dari sinyal listrik (analog) menjadi sinyal digital kemudian prosesor akan menyimpan nya menjadi file audio.

Speaker merupakan mulut nya komputer untuk mengeluarkan suara agar bisa didengar. Proses agar suara bisa dikeluarkan melalui speaker adalah sebagai berikut: ketika prosesor mendapat perintah untuk membuka file audio maka prosesor segera mengambil file yang dimaksud dari media penyimpanan dan meletakkan nya pada memori. Prosesor yang selalu bekerja sama dengan sound card dengan baik, sehingga driver soundcard mengetahui hal ini dan segera memberitahukan DSP (digital signal processing) untuk mengambil file audio pada memori tadi, kemudian DSP bekerja sama dengan DAC untuk mengubah sinyal audio digital menjadi sinyal audio analog dan diperkuat. Kemudian sinyal analog ini dikirim menuju speaker dan akan mengeluarkan suara yang bisa didengar.


Jenis Sound Card

Ada tiga jenis sound card yang dipercaya komputer untuk bekerja sama dalam mengelola suara, yaitu:
  • Sound card on-board, Pada saat artikel ini ditulis, umum nya motherboard yang dijual di toko-toko komputer di dalam nya sudah tersedia soundcard secara permanen, tidak dapat dilepas atau diganti, kualitas yang dihasilkan sudah bagus untuk kebutuhan standar. Jika tidak ingin menggunakan nya karena alasan tertentu, sound card on-board ini bisa dimatikan fungsinya dan menggantinya dengan jenis yang lain dengan kualitas yang lebih baik lagi.
  • Sound card di pasang pada slot, Slot yang bisa digunakan untuk memasang sound card jenis ini ada beberapa macam, yaitu:
    • Slot ISA - sekarang sudah tidak diproduksi lagi.
    • Slot EISA - slot ini juga sudah tidak di produksi.
    • Slot PCI - Walaupun slot PCI ini sudah jarang ditemukan namun slot ini masih banyak yang menggunakan.
    • Slot PCI exprss - Sound card dengan slot PCI express mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dari pada yang lain nya. Misal nya mempunyai kemampuan 116db Signal-To-Noise Ratio maksud nya adalah sebuah sinyal untuk rasio kebisingan atau SNR dari 116 dB berarti suara yang dihasilkan adalah 99,99% suara murni yang 34,4 kali lebih baik dari sound card on-board.
  • Sound card di pasang pada port USB, Sound card jenis ini lebih dikenal dengan sebutan sound card external karena memang komponen utama nya berada di luar PC atau laptop. Agar komputer bisa bekerja sama dengan sound card external, sound card external akan bergabung dengan motherboard melalui port USB, bisa langsung ditancapkan walaupun komputer dalam keadaan hidup atau mati. Memang penggunaan nya sangat fleksibel artinya memang sangat mudah digunakan, tinggal colok, kemudian system akan bekerja untuk menyesuaikan sound card dengan system, dalam waktu yang tidak terlalu lama sound card sudah dapat berfungsi dengan baik. Sound card external adalah teknologi yang bisa di bilang masih baru bila dibandingkan dengan jenis sound card yang lainnya, akan tetapi dari segi kualitas tidak kalah bagus nya dengan yang lain. Biasanya harga memang tidak akan bisa bohong ("yang bisa bohong adalah penjual nya"), artinya harga memang identik dengan kualitas, semakin mahal harga maka akan semakin berkualitas.


Perkembangan Sound Card

Pada awal nya sebuah komputer di dalam nya hanya mempunyai satu unit speaker kecil, suara yang dihasilkan hanya berupa nada yang berfungsi sebagai tanda terhadap kondisi dari motherboard. Misalnya ketika RAM pada motherbard rusak, speaker akan berbunyi beep yang di ulang-ulang.

Kemudian pada tahun 1987, sound card yang pertama diperkenalkan yaitu AdLib Music Synthesizer Card. Teknologi yang digunakan adalah Frequency Modulation Synthesis (FMS) dan bunyi dari MIDI bisa dikeluarkan. Cara kerja teknologi ini adalah meniru instrumen musik, efek musik, drum, dan musik lainnya dengan memanipulasi gelombang sinus.

Kemudian para peneliti melakukan perubahan yaitu dari pada memanipulasi gelombang sinus, lebih baik menggunakan teknologi Wavetable synthesis karena teknologi ini bisa merekam suara menjadi bunyi, dan juga bisa menyimpan suara dengan tingkat kualitas yang tinggi dan bisa lebih sempurna jika dibandingkan dengan teknologi FM Synthesis.

Comments

  1. om mau nanya, kalo soundcard saya 24 bit, bisa g di colok ke pci saya yg 32 bit ? pengaruh tidak ? soalnya kok tidak ke detect. teriamasih

    ReplyDelete

Post a Comment