Tentang Monitor Komputer


Monitor merupakan salah satu bagian penting dari komputer yang paling sering berhadapan langsung dengan mata, monitor menjadi wadah utama untuk menampilkan semua jenis informasi yang diinginkan. Kemampuan monitor untuk menampilkan informasi yang dihasilkan tidaklah sama, tergantung dari berapa besar maksimal dot per inch atau pixel yang bisa dihasilkan. Jika Anda berniat mengganti monitor yang ada, utamakan merek dan kualitas yang tidak diragukan serta hasil yang ditampilkan bisa memuaskan, ini sangat saya sarankan sebab monitor merupakan wadah utama tempat kita menuangkan semua ide-ide kreatif jenis apa pun, jangan sampai merasa ada yang kurang atau bosan sehingga bisa membuat kurang semangat dalam berkarya bahkan akan menghambat atau mengganggu, percuma punya spesifikasi CPU tinggi jika kualitas monitor nya rendah. Jadi memilih monitor jangan sembarangan.

============================================================================
============================================================================


Fungsi Monitor Komputer

Seperti yang telah saya sebutkan diatas fungsi monitor yaitu untuk menampilkan semua jenis informasi yang dihasilkan sehingga secara langsung kita bisa melihat atau memonitor untuk diproses sesuai dengan maksud dan tujuan. Tingkat kualitas yang dihasilkan tidaklah sama antara monitor yang satu dengan yang lainnya walaupun CPU nya sama, hal ini terjadi karena kemampuan monitor berdasarkan resolusi yang dihasilkan dan ini yang membuat tingkat ketajaman gambar yang ditampilkan berbeda-beda.

Penjelasan singkat mengenai pixel dan resolusi adalah sebagai berikut: Gambar yang ditampilkan pada sebuah monitor sebenarnya terdiri dari ribuan bahkan jutaan titik-titik dengan warna yang berbeda-beda, titik itulah yang disebut pixel, dan jumlah seluruh titik dalam gambar itulah yang disebut resolusi dan jumlah warna yang di hasilkan disebut intensitas.

Jika ingin memiliki monitor pribadi, soal jumlah warna atau intensitas tidak perlu dipertimbangkan karena teknologi sekarang sudah mempunyai jumlah warna yang cukup fantastis, yang perlu diperhatikan adalah resolusi. Jumlah pixel atau resolusi biasanya dinyatakan dengan panjang di kali lebar dengan satuan pixel atau p, misalnya resolusi 1024x720p artinya lebar layar mempunyai 1024 pixel dan tinggi layar mempunyai 720p, semakin besar resolusi maka monitor akan menghasilkan gambar semakin tajam.


Tingkat Resolusi

Perkembangan teknologi terhadap monitor komputer sangat cepat, dan tingkat resolusi menjadi salah satu target utama yang ingin dicapai, hingga saat ini resolusi yang dihasilkan mencapai 2560x1440p suatu pencapaian yang sangat menakjubkan.Di bawah ini adalah tabel perkembangan resolusi pada secara umum.

LAYAR STANDAR RESOLUSI
30"Above WQXGA 2560 x 1600 p
27" WQHD 2560 x 1440 p
24" WUXGA 1920 x 1200 p
23" FHD 1920 x 1080 p
22" WSXGA+ 1680 x 1050 p
21" UXGA 1600 x 1200 p
20" HD+ 1600 x 900 p
19" WXGA+ 1440 x 900 p
16" HD 1366 x 768 p
HD 1360 x 768 p
17" SXGA 1280 x 1024 p
SXGA– (UVGA) 1280 x 960 p
WXGA 1280 x 800 p
15" WXGA 1280 x 768 p
WXGA 1280 x 720 p
XGA+ 1152 x 864 p
XGA 1024 x 768 p
10" WSVGA 1024 x 600 p

Pada saat blog ini saya buat saya menggunakan monitor 22 inch merek Dell dengan resolusi 1680x1050p, ini sudah cukup nyaman buat saya, gambar tajam dan layar monitor cukup luas.


Sejarah Monitor

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgalsIxckyWEpm8SF4b6DwyiDE0T36oKEKsXpfrKQUV47j76nDZpU1oJiLdgufND4OZXukD-vihte3aECA9PsQ_yy_NfggYYCquPbt9LcLhU6mSGSQnNWrf2GBo-Z-qeY5FioqJYPzxRYrb/s1600/sejarah+monitor+komputer+-+Tutorial+Perbaikan+PC.png

Johann Heinrich Wilhelm Geissler, ahli fisika, peniup kaca, ahli mesin dari Jerman berhasil membuat tabung yang diberi nama Tabung Geissler pada tahun 1855, tabung yang dibuat dari kaca dengan tekanan yang rendah. Julius Plucker, ahli matematika dan ahli fisika, Ia juga orang Jerman dan rekan kerja Johann Heinrich Wilhelm Geissler, tahun 1959 Julius Plucker berhasil menggambarkan sinar katoda. Tabung yang dibuat dari kaca dengan tekanan yang rendahdiisi dengan gas seperti neon atau argon, dan dihubungkan dengan anoda dan katoda. Dari kedua penemuan ini tercipta lah sebuah teknologi baru yaitu teknologi Tabung Braun oleh Karl Ferdinand Braun pada tahun 1897, Ia mengembangkan tabung sinar katoda yang kemudian di kenal dengan tabung CRT (Cathode Ray Tube). Tahun 1926 Tabung CRT digunakan untuk menerima siaran TV.

Friedrich Reinitzer dari Austria ahli kimia pada tahun 1888 menemukan fenomena kristal cairan dan selanjutnya membuat eksperimen dengan menggunakan bahan yang memiliki dua titik cair. Kemudian ahli kimia dari Universitas Hull Inggris bernama George Gray, dengan penemuannya yaitu Liquid Crystal Cyan Biphenyl pada tahun 1963. Penemuan-penemuan ini menjadi dasar untuk pengembangan bahan kristal cairan yang stabil untuk digunakan pada monitor LCD sampai sekarang.


Jenis-jenis Monitor

Hingga saat ini monitor untuk komputer yang masih digunakan jenis-jenis nya yaitu Monitor tabung (CRT), monitor LCD, LED, Plasma, Oled dan Curved.

Jenis Monitor tabung atau CRT. Monitor jenis ini mempunyai kualitas sangat bagus, akan tetapi mempunyai kelemahan yang sulit untuk dipertahankan keberadaannya, yaitu membutuhkan daya listrik yang sangat besar, mempunyai bobot yang berat, membutuhkan ruang yang cukup luas karena body nya yang besar. Untuk monitor CRT ukuran 17 inch mempunyai berat hingga 15kg dengan ketebalan body sekitar 40cm, sedangkan monitor LCD 17inch hanya mempunyai berat hingga 2kg saja dengan tebal body hanya sekitar 2cm. Resolusi yang dihasilkan untuk monitor CRT 17inch maksimal 1280x1024p, monitor CRT 15inch 1024x720p, 14inch 800x600p.

Jenis Monitor LCD. Jenis monitor ini sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan monitor CRT. Mudah diletakkan ditempat yang tidak luas karena body yang tipis dan bobot nya yang ringan, resolusi yang dihasilkan jauh lebih baik, menjadikan monitor LCD ini banyak diminati pengguna PC. Perusahaan dan kantor-kantor dapat dipastikan akan mengganti semua monitor CRT nya dengan monitor LCD karena akan meningkatkan kualitas hasil pekerjaan, pengeluaran bisa berkurang sangat drastis karena konsumsi terhadap daya listrik jauh lebih ringan. Monitor LCD adalah revolusi, dan ini awal dari era perang kualitas grapik. Bukan tidak mungkin orang akan sulit membedakan yang mana pemandangan asli atau pemandangan tampilan monitor. Perhatikan video berikut ini :


Jenis Monitor LED. Kehadiran monitor jenis LED tentu tidak serta merta datang tanpa ada sesuatu yang baru, pasti ada teknologi yang lebih baik dari pada monitor LCD. Di lihat dari bentuk fisik nya, sekilas tidak jauh berbeda antara monitor LCD dengan monitor LED. LCD (Liquid Crystal Display), display atau layar menggunakan bahan kimia kristal cair dengan teknik pencahayaan menggunakan neon yang diletakkan di belakang. LED (Light Emitting Diode), layar nya tetap menggunakan kristal cair tetapi pencahayaan nya menggunakan lampu dioda yang diletakkan di samping atau di kedua sisi layar, karena lampu dioda lebih kecil dari pada neon dan diletakkan disamping layar sehingga display akan menjadi lebih tipis sekitar 1/3 dari layar LCD, perbandingan lampu neon dan lampu dioda terhadap konsumsi daya listrik adalah lampu dioda lebih hemat hingga 70%, dan lampu dioda lebih tahan lama karena mampu berfungsi sampai dengan 100.000 jam, dari segi intensitas warna LED tentu lebih kaya akan warna. Jadi kesimpulannya layar LED lebih tipis, berarti lebih ringan, lebih hemat listrik, lebih tahan lama, lebih jernih. Ini kesimpulan sebelum mencoba, mungkin setelah mencoba akan lebih banyak lagi kelebihannya. Soal harga sudah pasti akan lebih mahal dari pada monitor LCD.

Jenis Monitor Plasma. Teknik monitor jenis ini adalah penggabungan antara teknologi monitor CRT dan monitor LCD, teknologi yang diambil dari CRT yaitu menggunakan posfor yang diaplikasikan pada permukaan kaca, teknologi yang diambil dari LCD yaitu pencahayaan nya menggunakan neon. Layar terdiri dari dua lapis kaca yang diantaranya di beri gas mulia yaitu neon dan xenon, gas yang dilepas muatan nya akan membawa elektroda pada interior nya dan ketika muatan listrik di alirkan di antara elektroda maka akan menghasilkan sinar ultraviolet, hal ini lah yang akan memicu fosfor untuk melakukan pancaran cahaya yang akan menghasilkan gambar di layar.

Jenis Monitor OLED. OLED (Organic Light-Emitting Diode), cahaya pada pixel dihasilkan sendiri tidak memerlukan pencahayaan dari lampu lain dan benar-benar mandiri. Warna hitam yang dihasilkan benar-benar hitam karena sistem kontrol pencahayaan nya mandiri sehingga cahaya pada pixel bisa dimatikan untuk menghasilkan warna hitam, dengan demikian tingkat keakuratan warna yang dihasilkan benar-benar sempurna, dan gambar yang dihasilkan menjadi sangat jernih. Pemancar cahaya menggunakan semikonduktor yang dibuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, teknologi ini sangat fleksibel dan sangat tipis hingga mencapai kurang dari 1 mm.

Jenis Monitor Curved. Monitor jenis curved sebenar nya menggunakan teknologi yang sama dengan monitor OLED, yang berbeda adalah desain nya, Layar yang melengkung disesuaikan dengan tujuan nya yaitu mewujudkan bentuk yang paling optimal terhadap tampilan apapun, memberikan jarak yang sama dari semua bagian monitor sampai ke mata sehingga layar lebih nyaman dan gambar lebih nyata.


Tips : Jika ingin memiliki monitor yang terbaik, pada saat membeli pusatkan perhatian Anda pada ukuran besar nya yang di inginkan, merek yang tidak diragukan kualitasnya dan jenis monitor nya.

Comments

Post a Comment